Tips Untuk Kamu Yang Belum Lulus SNMPTN, SBMPTN, maupun Ujian Mandiri



Dear dedek-dedek emesh maupun yang nggak ada emesh-emeshnya sama sekali. Sebenernya aku mau basa-basi dikitlah bahas SNMPTN, SBMPTN, atau Ujian Mandiri tapi langsung to the point ajalah ya. Apalagi teruntukmu yang lagi sedih dan gundah gulana. Aku Cuma mau sharing-sharing aja sih sedikit, selaku yang perpengalaman pernah gak lulus SBMPTN satu kali.  
Pertama nih ya, paling pertama. BANGUN WOY, maksudnya bangun dulu dari kasur ataupun sofa tempat kamu memendam ingus dan air mata bekas menangis semalam atau pun yang udah 2-3 hari gak berhenti-henti keluar. Pindah tempat dulu, 1 meteran kek, duduk dilantai kek, atau yang dari duduk di lantai jadi duduk di kursi. Udah cukupkan nangisnya? Udah cukup kali yaa buat rasain pedihnya. Kalau udah, MOVE ON! Hidup kamu gak berhenti hanya karena belum lulus seleksi PTN.
Kedua. Bagi kalian yang beragama, keluhkan semuanya kepada Tuhan lalu bisikan kalimat-kalimat positif dari keluhan mu itu. Mau tau keluhan positif yang kayak gimana? “Tuhan, aku sedih banget dan ngerasa udah capek belajar. Tapi aku tau, ini yang terbaik dariMu kan? Aku yakin, Engkau menyiapkan sesuatu yang indah untukku.” karena ingat dek! Sesungguhnya kegagalan itu emang pahit dan itulah yang membuat kita berkembang :). Teruntuk kamu yang muslim, ambil air wudhu, lihat deh, itu ada sajadah. Coba di gelar, yak jangan lupa menghadap kiblat, nah sholat deh. Ngapain nangis di bantal selagi ada sajadah untuk tempat bersujud dan menangis :). Jangan lupa sholat tahajudnya juga ya dek! Itu yang membuat kamu akan jauh lebih tenang. Setelah itu cobalah ke pelukan orangtua masing-masing.
Ketiga, udah agak tenangan belum dek? Kalau belum coba balik lagi ke langkah sebelumnya. Kalau kamu yakin udah tenang dan dapat berpikir rasional coba yakinkan dirimu langkah apa yang selanjutnya akan kamu ambil. Apakah kamu mau bekerja saja, menuntut ilmu di Perguruan Tinggi Swasta, atau kamu mau ambil kursus, atau bahkan mencoba lagi tahun depan untuk mengikuti seleksi tulis PTN dan belajar keras. Jangan lupa untuk konsultasikan kepada orangtua ya! Oh iya dek, Cuma mau ngingetin aja kalau untuk menjadi sukses gak harus lewat PTN. Banyak jalan menuju roma. Mereka yang sekolah di PTN belum tentu lebih sukses darimu. Kamu punya impian dan goal-goal yang mau diraihkan? Coba pikirkan bagaimana kamu menggapainya. Success is determined by yourself and your action, not your college. Dan untukmu yang memilih mencoba lagi tahun depan untuk mengikuti seleksi tulis PTN dan belajar keras ada tips spesial lainnya dariku :)
THERE IS NO REASON TO LOOK BACK WHEN YOU HAVE SO MUCH TO LOOK FORWARD TO. 
DEK, YOU CAN’T CHANGE THE PAST, SO FOCUS ON MAKING A GREAT FUTURE. SEMANGAT!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Karena Allah Cukup Bagiku

How to be 'positive' and happy with the easiest way