[Tazkiah's thoughts] Meredam mimpi apakah sama dengan tidak merdeka?


Aku selalu berkeinginan untuk pergi menjelajah tempat  yang belum pernah kukunjungi
Melihat pemandangan alam di tempat tersebut
Bertemu dengan masyarakat lokal
Berbincang
Berdiskusi
Tersenyum bersama
Mengambil hikmah hidup yang bisa aku ambil
Kemudian menjadi diriku sendiri seutuhnya
Menulis kisah yang bisa aku ceritakan
Merekam semuanya
Mengambil gambar
Melengkapi kisah yang kuceritakan

Namun
Aku tahu
Begitu indah islam mengajarkan betapa berharganya wanita
Menjaga wanita agar tidak bepergian jauh sendirian tanpa mahramnya
Agar ia lebih baik tinggal di rumahnya

Bila aku tidak yakin
Aku akan menganggap itu semua hanya perkataan biasa
Bukan suatu yang menjadi keharusan
Lalu meronta
Merasa tidak merdeka

Tapi aku adalah wanita yang yakin kepada Allah Subhanna wa Ta’ala
Aku Yakin
Bahwa segala sesuatu yang diperintahkanNya adalah kebaikan untuk hambaNya
Yakin
Bahwa meredam mimpi bukan berarti tidak merdeka
Karena ‘tidak merdeka’ tidaklah sama dengan terbatasi aturan
Karena wanita bebas
Hanya memiliki batasan

Tidak perlu gusar
Sebab harus kembali
Kepada apa yang diniatkan di awal

Meredam hanyalah langkah awal
Untuk menyusun mimpi dengan lebih baik
Mengikuti apa yang diperintahkanNya
Sebab Allah selalu memiliki banyak jalan terbaik untuk hambaNya lalui

Komentar

Postingan populer dari blog ini

How to be 'positive' and happy with the easiest way

'Kayaknya gak nyampe deh'

Katanya pengen 'Gabut'